RSS

Mengenal Domain dan Hosting


Untuk memulai bisnis online di internet ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu Domain dan Hosting, apa kegunaanya dan bagaimana cara mendapatkan Domain dan Hosting Gratis atau berbayar.



DOMAIN
Adalah nama unik dari suatu situs, contoh www.namaku.com atau www.namaku.blogspot.com.
Unik maksudnya nama web anda hanya andalah yang memiliki, Maka nama untuk setiap web blog pasti tidak akan ada yang sama, kalau mirip mungkin banyak sekali.
Untuk domain saya rasa sudah cukup jelas maka kita lanjut ke pembahasan berikutnya.


MAKE MONEY on your PROFILE - ProfileDough.com


HOSTING
Adalah tempat kita menyimpan seluruh data-data dari web site atau blog kita di internet untuk bias dibuat online agar semua orang bias mengakses web atau blog tersebut.

Cara Mendapatkan Domain dan Hosting
Disini ada 2 cara untuk mendapatkan Domain dan Hosting :
1. Secara Berbayar
Kita harus membeli Domain beserta Hostingnya ke sebuah layanan penjual Domain dan Hosting yang sekarang sudah menjamur di Internet dengan layanan dan fasilitas memadai. Silakan cari di Google dengan kata kunci Domain dan Hosting, Domain Murah pasti akan muncul beberapa layanan penjual domain dan hosting itu sendiri.
2. Secara Gratis
Untuk layanan yang Gratis kita tinggal melakukan registrasi di awal pendaftaran dan sedikit melakukan setting didalamnya.
Ada beberapa layanan gratis untuk domain dan hosting
Untuk domain gratis bisa didapatkan di www.co.cc.com
Untuk hosting bisa didapatkan di www.cjb.net, www.000webhost.com, www.ripway.com, www.geocities.com dll.

Tips Memilih Hosting
Jika anda berencana membuat sebuah web site dengan Domain dan Hosting Berbayar ada baiknya anda mempertimbangkan hal-hal berikut ini :
1. Kapasitas : Anda yang lebih tahu berapa kapasitas yang diperlukan apa 25MB, 50MB atau 1GB. Tergantung kebutuhan anda, semakin besar kapasitasnya tentu semakin mahal harga sewanya.
2. Support yang diberikan : Pilihlah yang member layanan 24 jam penuh, agar sewaktu-waktu ada trouble anda bisa langsung menghubungi perusahaan tempat anda membeli Hosting tersebut, juga servernya apa Windows atau Linux, juga apa mendukung bahasa pemrograman seperti ASP, JSP, Perl, Python, php ? teliti sebelum membeli jangan terburu-buru.
3. Layanan Backup : Ini sangat penting jika suatu saat anda kehilangan data-data web anda maka anda tidak terlalu pusing karena sudah ter-Backup.
4. Bandwith : Bandwith merupakan besarnya data transfer dalam sebulan. Apabila sebuah perusahaan hosting menyediakan bandwith 1GB sebulan. Maka apabila anda memiliki sebuah file HTML dengan ukuran 20kb (sudah termasuk images) dan pengunjung website anda perhari sekitar 100 orang, maka anda menghabiskan bandwith perhari: 20kb x 100orang = 2000kb =2MB. Perbulan: 2MB x 31 = 62MB, apabila anda memiliki 10 halaman maka: 62MB x 10 = 620MB. Jadi perhatikan bandwith yang disediakan dengan ukuran file HTML anda, apabila pengunjung website anda semakin banyak tentu saja bandwithnya juga akan semakin besar. Kebanyakan hosting Indonesia menyediakan bandwith yang kecil, hosting luar negeri menyediakan bandwith yang lebih besar dan murah.

Perbedaan layanan berbayar dan Gratis
Tentu saja sangat berbeda namanya juga gratis.hehe.
Layanan yang gratis biasanya akan memberi embel-embel (nama web penyedia layanan) diakhir nama web/blog kita, contoh yang mudah adalah blogspot ini, pasti semua blognya ada embel-embel .blogspot.com.

** Sedikit tambahan buat anda yang ingin membeli Domain dan Hosting pertimbangkan perusahaan seperti Masterwebnet atau idwebhost. Ke-2 perusahaan penyedia Domain dan Hosting tersebut sudah cukup terkenal dikalangan para web master Indonesia.
Sudah dulu capek ngetiknya, nanti kalo ada info lagi pasti akan saya tulis. Terima Kasih.


Topik yang berkaitan :
- Cara Daftar www.co.cc (Domain Gratis)
- Cara daftar 000webhost.com (Hosting Gratis)
- Cara Upload File di 000webhost.com





0 Responses to "Mengenal Domain dan Hosting"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors